Wawali Launching Pasar Seton Kepayon dan Vaksinasi Booster di Kelurahan Kricak

Kricakkel.jogjakota.go.id - Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menghadiri dan melaunching kegiatan pasar seton kepayon dan vaksinasi booster untuk masyarakat Kelurahan Kricak yang diselenggarakan oleh UMKM Kelurahan Kricak, Kelurahan Kricak, Forkom UMKM Kemantren Tegalrejo, Puskesmas Tegalrejo, Kemantren Tegalrejo dan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta pada Sabtu (26/3) pagi di sepanjang jalan depan Kelurahan Kricak dan Gedung Serbaguna Jatimulyo yang berada disamping kantor Kelurahan Kricak. “Pasar Seton Kepayon diharapkan dapat mendukung produk UMKM Kricak yang sempat terkendala pandemi sehingga perekonomian warga bisa bergulir kembali,” ungkap Lurah Kricak, May Christianti Sudarmono ketika ditemui pada acara launching Seton Kepayon.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan ini lengkap karena pasar seton kepayon untuk peningkatan perekonomian dan vaksinasi booster untuk peningkatan kesehatan bagi warga masyarakat di Kelurahan Kricak, kata Wawali.

Lebih lanjut Wawali mengatakan melalui vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan Pemkot berupaya menekan kenaikan angka kasus penularan Covid-19 dan bersama masyarakat mewujudkan herd immunity agar mengubah pandemi menjadi endemi. Apabila Covid-19 sudah menjadi endemi maka aktivitas masyarakat berjalan normal kembali dan kegiatan ekonomi bisa normal sehingga kesejahteraan masyarakat bisa meningkat.

Heroe juga meminta Seton Kepayon dapat menjadi motor dalam penanggulangan kemiskinan di Kricak, untuk itu Heroe berharap pihak penyelenggara memberikan ruang lebih luas bagi warga yang masih berada di bawah garis kemiskinan untuk berpartisipasi dalam Seton Kepayon.” harap Heroe Poerwadi.

Sementara, Ketua pasar Seton Kepayon, Siti Murbani mengatakan, Seton Kepayon menjadi bagian dari Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) dengan dukungan dari pihak kelurahan, Forkom UMKM Tegalrejo, dan fasilitasi dari LPMK.

“Ide menyelenggarakan Pasar Tiban sudah lama, namun belum ada motor penggeraknya, gayung bersambut ketika Forkom UMKM memotivasi dan mendorong kita untuk segera merealisasikan ide ini, dan Alhamdulillah sejak dilaksanakan satu setengah bulan yang lalu, antusiasme masyarakat cukup tinggi sampai-sampai ada ungkapan ‘nek setu ora masak, mayoni tonggone wae’,” kata Siti.

Launching Pasar Seton Kepayon diawali dengan penyiraman air kendi yang dilakukan oleh Wakil Walikota Yogyakarta, dilanjutkan Pamong Mantri Kemantren Tegalrejo dan beberapa pejabat pemerintahan yang hadir.

Secara simbolis  Drs. Heroe Poerwadi, MA memecahkan kendi sebagai tanda Pasar Seton Kepayon dengan resmi di launching.

Usai melaunching pasar seton kepayon, Wakil Walikota Yogyakarta menyempatkan diri untuk melihat dagangan yang digelar oleh UMKM.

Usai berdialog dengan UMKM, Wakil Walikota Yogyakarta melihat pelaksanaan vaksin booster yang berada di gedung serbaguna Jatimulyo yang pada kesempatan ini disediakan 600 vaksin booster.