Komitmen Kelurahan Kricak Dalam Percepatan Penurunan Stunting

Kricakkel.jogjakota.go.id - Stunting (kerdil) adalah kondisi dimana balita memiliki panjang atau tinggi badan yang kurang jika dibandingkan dengan balita yang se-umur. Balita stunting termasuk masalah gizi kronik yang disebabkan oleh banyak faktor seperti kondisi sosial ekonomi, gizi calon ibu/ remaja, gizi ibu saat hamil, kesakitan pada bayi, dan kurangnya asupan gizi pada bayi. Balita yang stunting di masa yang akan datang akan mengalami kesulitan dalam mencapai perkembangan fisik dan kognitif yang optimal sehingga dapat  mempengaruhi sumber daya manusia di masa depan.

Upaya untuk penurunan stunting ini perlu dilakukan penguatan dengan dukungan semua pihak baik pemerintah, swasta, perguruan tinggi maupun masyarakat melalui intervensi spesifik maupun sensititif. Semoga  hal  ini dapat  terwujud dalam rangka menyongsong bonus  demografi 2030-2040 dan mewujudkan  Indonesia  Emas di  tahun 2045 nantinya.

Kelurahan Kricak berkomitmen untuk mempercepat penurunan Stunting dalam kerangka kebijakan dan institusi yang ada dengan intervensi pemberian makanan tambahan selama 90 hari. Kegiatan ini diselenggarakan di semua tingkatan dengan melibatkan berbagai institusi pemerintah yang terkait maupun pihak non pemerintah seperti swasta, masyarakat, dan komunitas.