Tingkatkan Pengetahuan Anggota, Kelurahan Kricak Adakan Pelatihan Administrasi PKK

Kricakkel.jogjakota.go.id - Kelurahan Kricak menggelar pelatihan administrasi PKK bagi seluruh anggota pengurus PKK Kelurahan, RW, RT, Dasawisma yang dipusatkan di Pendopo Kantor Kelurahan Kricak Kemantren Tegalrejo, Sabtu (19/3/2022).

Lurah Kelurahan Kricak May Cristianti Sudharmono dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bagi anggota PKK dalam hal pelaksanaan tertib administrasi. Kemampuan sumber daya manusia (SDM) sangat penting dan berpengaruh terhadap suksesnya organisasi dalam mencapai tujuan sehingga ia menilai kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan. “Saya berharap dengan mengikuti pelatihan administrasi ini, semua anggota PKK dapat menjalankan organisasi dengan benar sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan khususnya dalam menciptakan tata administrasi yang baik dan tertib, ” ucapnya. “Kegiatan ini diikuti sebanyak 75 anggota PKK se-Kelurahan Kricak yang dilaksanakan dengan harapan para anggota memahami betapa pentingnya tertib administrasi dalam pelaksanan berbagai program kegiatan,” ujarnya.

Lurah Kricak May Christianti Sudharmono menyampaikan bahwa Pemerintah Kelurahan Kricak mendukung setiap program yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK dalam rangka melakukan pembinaan kepada masyarakat agar hidup lebih sejahtera.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber TP PKK Kota Yogyakarta Hj. Sunu dengan materi ‘Pentingnya Pengelolaan Administrasi PKK’. Hal yang pertama dipelajari dalam pelatihan ini adalah administrasi ditingkat dasawisma dimana dasawisma ini merupakan organisasi di tingkat paling bawah, lalu adminsitrasi tingkat RT ada buku wajib dimana berisi data kegiatan RT kemudian catatan kelahiran, kematian bayi dan ibu hamil serta melahirkan dan nifas, ada juga buku bantu yang terdiri dari : buku campursari, daftar hadir warga dan buku kas. Selain RT, administrasi tingkat RW juga diberikan hampir sama tapi kegiatan-kegiatannya yang berbeda. Selanjutnya administrasi PKK tingkat Kelurahan kolom-kolomnya yang berbeda. Dengan demikian, setelah pelatihan ini selesai diharapkan administrasi PKK baik itu ditingkat dasawisma, RT, RW, Kelurahan akan semakin baik dan tertib. Karena Ketertiban administrasi merupakan cermin baik tidaknya suatu organisasi.