BANK SAMPAH GUYUB KELURAHAN KRICAK MENGIKUTI LOMBA BANK SAMPAH KATEGORI PEMBINA TINGKAT KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2023

Yogyakarta - Selasa, 24 Oktober 2023. Bank Sampah GUYUB RW 2 Jatimulyo Kelurahan Kricak, menerima kunjungan tim verifikasi lapangan Lomba Bank Sampah Kategori Pembina. Tim verifikasi lapangan disambut dengan penampilan Marching Blek Bank Sampah Guyub.

Marching Blek Bank Sampah Guyub

Lurah Kricak, May Christianti Sudarmono SH dalam sambutannya menyampaikan peran serta bank sampah yang lebih optimal agar semboyan SAMPAH DI KRICAK SELESAI DI KRICAK, tidak hanya sekedar semboyan namun bentuk nyata pengelolaan sampah sejak dari sumbernya.

Untuk meramaikan rangkaian acara HUT Ke-267 Kota Yogyakarta dan sebagai bentuk apresiasi kepada bank sampah se-Kota Yogyakarta. Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta menyelenggarakan berbagai lomba yang diikuti seluruh bank sampah se kota Yogyakarta. Berdasarkan surat dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta terdapat beberapa kategori lomba Bank Sampah, yaitu Bank Sampah Reduksi Sampah Anorganik, Bank Sampah Pengolahan Sampah Organik,  Lomba Ecobrick Bank Sampah, Lomba Lampion Bank Sampah, Lomba Bank Sampah Reguler, Lomba Bank Sampah Inovatif, Lomba Bank Sampah Pembina,  Cerdas Cermat Bank Sampah, Cerdas Cermat Faskel.Bank Sampah GUYUB mengikuti lomba kategori pembina karena memiliki dua Bank Sampah binaan, yaitu Bank Sampah Barak Mulyo(RW 03/RT 13) dan Bank Sampah Resik(RW 01/ RT 03).

Selama ini sebagian besar masyarakat kota Yogyakarta masih membuang semua jenis sampah ke Tempat Sampah yang kemudian akan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Semakin hari jumlah sampah akan semakin banyak, sedangkan lahan untuk Tempat Pembuangan Akhir terbatas, hal ini akan menimbulkan masalah yang besar di kemudian hari.

Harus ada solusi untuk mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke TPA, salah satu solusi yang bisa kita kerjakan adalah membentuk Bank Sampah yang bertujuan untuk mengolah sampah sehingga sampah bisa selesai di wilayah tanpa harus dibuang ke TPA. Hal ini lah yang melatarbelakangi pembentukan Bank Sampah GUYUB. Bank Sampah GUYUB merupakan salah satu Bank Sampah yang aktif di kelurahan Kricak yang didirikan sejak 19 Desember 2015 dengan jumlah pengurus 12 orang dan jumlah nasabah 301 orang.

Nasabah Bank Sampah Guyub

Bank Sampah GUYUB juga bekerja sama dengan Maggot Jogja dalam pemanfaatan SOD(Sisa Olahan Dapur)  sebagai pakan maggot BSF yang dibudidayakan.

Budidaya Maggot

Untuk inovasi kedepannya Bank Sampah GUYUB bekerja sama dengan Teknik Mesin UMY untuk mengembangkan Incenerator, Incenerator berfungsi untuk memusnahkan sampah residu yang tidak bisa diolah lagi.

 

Dokumentasi Kegiatan: