BANK SAMPAH MULYO BARENG MENGIKUTI LOMBA BANK SAMPAH KATEGORI PENGELOLAAN SAMPAH ORGANIK TINGKAT KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2023

Yogyakarta - Rabu, 25 Oktober 2023. Bank Sampah MULYO BARENG  RW 3 Jatimulyo Kelurahan Kricak, menerima kunjungan tim verifikasi lapangan Lomba Bank Sampah Kategori Pengolahan Sampah Organik..

Menurut Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), satu orang indonesia rata-rata membuang sampah sebanyak 0,7 kg per hari.Produksi sampah kota Yogyakarta akhir Desember 2022, berada di kisaran 300 ton/hr. Gerakan Mbah Dirjo Resik yang disosialisasikan di kota Yogyakarta menjadi motivasi warga kelurahan Kricak khususnya warga RW 03 untuk kembali mengaktifkan Bank Sampah. Diharapkan Bank Sampah Mulyo Bareng dapat menjadi wadah bagi warga RW 03 untuk mendapat informasi tentang pengolahan sampah, sehingga dapat mengurangi sampah yang mencemari lingkungan dan meningkatkan perekonomian warga Rw 03.

Bank Sampah MULYO BARENG merupakan salah satu bank sampah yang berada di Kelurahan Kricak, lebih tepatnya beralamat di RW 03 Jatimulyo. Bank Sampah MULYO BARENG didirikan pada 05 Mei 2017 dengan jumlah pengurus 11 orang dan jumlah nasabah 202 ORANG. Bank Sampah MULYO BARENG melayani penyetoran sampah dari 5 (lima) RT di wilayah RW 03, yaitu RT 10, RT 11, RT, 12, RT 13 dan RT 14.

Secara garis besar mekanisme pengelolaan sampah di bank sampah MULYO BARENG adalah pertama nasabah mengumpulkan dan memilah sampah dirumah masing-masing. Kedua sampah akan dipilah antara organik dan anorganik, sampah organik ditempatkan di biopori, ember tumpuk, dll. Sampah anorganik dikumpulkan dan distor ke bank sampah RT. Ketiga hasil olahan sampah disetorkan Bank Sampah RT masing-masing sesuai jadwal. Keempat petugas BS RT melakukan penimbangan dan pencatatan hasil timbangan.Kelima Bank Sampah RT menyetorkan ke Bank Sampah Mulyo Bareng. Keenam petugas BS Mulyo Bareng melakukan penimbangan sampah dan pencatatan hasil timbangan. Terakhir Hasil sampah BS Mulyo Bareng disetor ke pengepul.

Selain itu sampah organik akan dikelola secara khusus yaitu dengan komposter yang terletak di RT 12. Bipori yang tersebar di sekitar RW 03 sebanyak 18 buah. Losida yang terdapat 41 buah. Ember tumpuk yang terdapat 22 ember. Jugangan yang terdapat 8 buah jugangan. Eco Enzim yang dibuat di tempat 4 nasabah. dan terakhir ada baby maggot yang terdapat 2 kandang.

Lurah Kricak, May Christianti Sudarmono SH selalu menyampaikan peran serta bank sampah yang lebih optimal agar semboyan SAMPAH DI KRICAK SELESAI DI KRICAK, tidak hanya sekedar semboyan namun bentuk nyata pengelolaan sampah sejak dari sumbernya.

Dokumentasi Kegiatan: