Kelurahan Kricak Memborong Banyak Penghargaan Anugerah Lingkungan 2023

Pada akhir tahun 2023 ini Pemerintah Kota Yogyakarta mengadakan beberapa lomba, diantaranya adalah lomba Ecobrick, lampion, bank sampah reguler, bank sampah inovatif, bank sampah Program Kampung Iklim (Proklim), bank sampah pembina, reduksi sampah anorganik, pengolahan sampah organik, cerdas cermat bank sampah, cerdas cermat faskel, lomba yel-yel dan fashion show.

 

Pada acara Anugerah Lingkungan 2023 yang bertepatan di Ruang Pandawa Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Kamis (14/12). Pemerintah Kota Yogyakarta memberikan 300 apresiasi kepada penggiat lingkungan dan bank sampah di Kota Yogyakarta melalui berbagai lomba yang telah berlangsung sejak Oktober 2023. Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo memberikan penghargaan kepada 35 Bank Sampah, sebagai bank sampah yang telah berkiprah selama lebih dari 10 tahun dan sampai saat ini masih aktif dalam upaya mengelola sampah. Penyerahan Penghargaan kepada empat sekolah Berwawasan Lingkungan dan penyerahan SK penetapan reward kepada 16 Sekolah yang berhasil menjadi Sekolah Adiwiyata Provinsi, Adiwiyata Nasional, dan Adiwiyata Mandiri Tahun 2023.

 

Pada acara Anugerah Lingkungan 2023 ini Kelurahan Kricak berhasil memborong sejumlah penghargaan diantaranya:

Prestasi yg diraih Kelurahan Kricak Tahun 2023

1. Juara 1 FKPM TK Kota Yogyakarta

2. Juara 3 FKPM TK DIY

3. Juara harapan 1 LPM TK DIY

4. Juara 1 Proklim tingkat Kota Yogyakarta

5. Juara 1 Bank Sampah reguler

6. Harapan 1 Pembina

7. Harapan 1 Organik

8. Juara 2 Lomba Lampion daur ulang sampah

9. Juara 2 Yel Yel

10. Juara 2 Ecobrik

11. Juara harapan 2 fashion show daur ulang sampah

12. Juara 2 Kota Sehat TK Kota masuk ngremboko

 

 

Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo, S.H,M.Ed. berharap penghargaan yang diberikan ini akan menambah semangat untuk terus menjaga lingkungan dan  pemasalahan sampah segera selesai. Walikota Yogyakarta juga mengajak dan menginatkan untuk senantiasa menjaga lingkungan kita supaya tetap lesatari karena kita semua mempunyai tanggung jawab yang sama untuk pengelolaan sampah.

 

Ibu May Christianti, S.H selaku Lurah Kricak terpilih menjadi 5 dari 45 Lurah se-Kota Yogyakarta yang menjadi penggiat Bank Sampah.

Semboyan SAMPAH DI KRICAK SELESAI DI KRICAK, tidak hanya sekedar semboyan namun bentuk nyata pengelolaan sampah sejak dari sumbernya.